Breaking

Friday, August 21, 2020

EMPAT BUDI SEBAGAI SURI TELADAN

Empat Budi Suri Teladan

Kita sudah sering mendengar kata budi, misalnya dalam bahasa Indonesia ada budi pekerti, ada balas budi, ada budi daya, sedangkan dalam bahasa Jawa ada ungkapan berbudi bawa leksanaBahkan di Indonesia banyak juga orang yang memiliki nama budi. Lantas apakah arti kata budi?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata budi berarti alat batin yang merupakan paduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk. Sedangkan dalam bausastra Jawa atau kamus bahasa Jawa budi berarti nalar, pikiran, ataupun watak. Berikut ini empat budi yang bisa menjadi suri teladan bagi kita semua.

 

BUDI PETANI

Saya teringat pembelajaran yang disampaikan guru saya dulu, bahwa mayoritas mata pencaharian orang Indonesia adalah petani, sehingga Indonesia disebut negara agraris. Mungkin itu dulu ya, sehingga Indonesia waktu itu dikenal sebagai lumbung pangan atau swasembada pangan. Sekarang sudah jarang anak-anak yang memunyai cita-cita sebagai petani, karena mungkin dipandang hasilnya tidak menjanjikan.

Budi Petani
Budi Petani | www.wartatani.co

Petani adalah mata pencaharian yang berkaitan dengan bercocok tanam. Seorang petani melakukan kegiatan sehari-hari dengan menanam tanaman, merawat tanaman, sampai nanti mengelola hasilnya untuk kepentingan sendiri dan masyarakat. Bagaimana menurut kalian seorang petani itu?

Petani melakukan semua kegiatan bercocok tanam dengan ulet, telaten, dan sabar. Proses menanam sampai memanen tanaman itu bukan sebuah proses yang sebentar, namun itu proses yang panjang. maka petani harus memiliki keuletan, ketelatenan, dan kesabaran demi memperoleh hasil yang baik. Maka budi petani yang bisa menjadi suri teladan adalah  ulet, telaten, dan sabar.


BUDI PRIYAYI

Priyayi adalah sebutan untuk kaum bangsawan atau ningrat. Konteks bahasa ini kalau dulu mungkin priyayi adalah orang yeng memiliki pangkat atau jabatan di keraton. Dulu memang strata sosial khususnya di Jawa terdapat dikotomi sosial yang menunjukkan dua golongan, yaitu priyayi dan wong cilik. Namun sekarang bisa saja sebutan priyayi ini diberikan kepada mereka yang memiliki ilmu dan derajat yang tinggi di masyarakat. Mungkin juga bisa disebut priyayi intelektual.

Budi Bangsawan
Budi Priyayi | phesolo.wordpress.com

Seorang priyayi ini biasanya dipandang lebih dari masyarakat yang lain. Dia lebih menonjol sehingga ada yang menganggap sebagai pemimpin. Apakah yang bisa ditonjolkan dari seorang priyayi? Seorang priyayi biasanya selalu menata tingkah lakunya dan tutur katanya dalam pergaulan di masyarakat. Budi priyayi yang bisa menjadi contoh adalah etika dalam berperilaku dan berucapnya.


BUDI SANTRI

Santri sebenarnya berasal dari kata shastri dalam bahasa Sansekerta, yaitu merupakan akar kata sastra yang berarti kitab suci, agama, dan pengetahuan. Kini santri bisa dipahami sebagai seseorang yang menuntut ilmu kepada kiai atau ustaz di pesantren. Kata santri erat hubungannya dengan kata pesantren, karena pesantren berasal dari kata santri yang mendapatkan awalan {pa-} dan akhiran {-an}.

Budi Siswa
Budi Santri | republika.co.id

Bagaimanakah sikap seorang santri? Santri bisa juga diartikan sebagai seorang siswa atau murid yang harus giat menuntut ilmu dan berbakti kepada guru. Semua tindakan santri dalam menuntut ilmu itu harus didasari dengan sikap ikhlas dan kepercayaan yang tulus kepada gurunya. Maka budi santri yang bisa menjadi suri teladan adalah giat menuntut ilmu, berbakti kepada orang tua dan guru, serta penuh keikhlasan dan kepercayaan kepada guru.


BUDI SAUDAGAR

Saudagar adalah seorang pedagang dengan jumlah dagangan banyak atau pedagang besar. Mungkin kata saudagar sekarang bisa disebut juga dengan kata pengusaha besar. Apakah seorang saudagar bisa mudah dilakukan? Tentunya tidak. Seseorang untuk menjadi saudagar harus berusaha merintis dan mengembangkan usahanya dengan baik.

Budi Pengusaha
Budi Saudagar | id.lovepik.com

Seorang saudagar harus bisa mengelola usahanya dengan baik, sehingga menghasilkan keuntungan atau mencegah kerugian. Pengelolaan usaha ini membutuhkan perhitungan yang cermat dan kejujuran. Seorang saudagar juga bisa disebut sebagai orang kaya, sehingga diharapkan kedermawanannya oleh masyarakat. Maka budi saudagar yang bisa menjadi suri teladan adalah cermat, jujur, dan dermawan.

Demikian empat budi yang bisa menjadi suri teladan bagi hidup kita. Semoga kita menjadi insan yang berbudi pekerti mulia. (*)

No comments:

Post a Comment