Breaking

Tuesday, September 8, 2020

GLADHEN STRUKTUR TEKS DRAMA TRADISIONAL

Gladhen Struktur Teks Drama Tradisional

Drama adalah salah satu bentuk karya sastra yang mengandung dua bagian atau elemen yaitu naskah drama yang disebut lakon dan sebuah pertunjukan yang disebut teater. Drama secara bahasa berasal dari kata draoma yang artinya berbuat, berlaku, atau bertindak.

Drama juga disebut sandiwara yang berasal dari kata sandhi dan wara dalam bahasa Jawa. Sandhi artinya sesuatu yang tersembunyi atau bersifat teka-teki yang harus dipecahkan. Wara bisa diartikan sebuah kabar, juga bisa diartikan sebagai wewarah yang artinya nasihat. Maka sandiwara memiliki arti sebuah nasihat yang tersembunyi di dalam sebuah pertunjukan.

Materi drama tradisional disampaikan pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas 9 di jenjang SMP. Lembar kerja siswa atau latihan pada materi ini disebut gladhen. Kali ini disajikan sebuah video drama tradisional kontemporer berjudul Andhe-andhe Lumut dalam Bahasa Jawa.

Bentuk gladhen yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Lihatlah video berikut ini secara lengkap lalu lakukan like dan subscribe (jangan lupa untuk difoto atau screenshot).

(*) lakukan subscribe satu kali saja pada channel youtube Bangkit Bahri untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa, jika sebelumnya sudah pernah subscribe tidak perlu dilakukan lagi.

  • Unggah bukti like dan subscribe di google formulir yang disediakan.
  • Kemudian jawablah pertanyaan yang berhubungan dengan struktur teks drama tradisional.
  • Link gladhen klik kotak di bawah ini:

Sugeng makarya!

No comments:

Post a Comment