Breaking

Sunday, June 7, 2020

PILIHAN BIJAK MASUK KE SEKOLAH

Melilih Sekolah dengan Bijak

Halo! Apakah Anda memiliki putra-putri sekarang mau masuk ke jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK? Atau kalian yang akan mendaftar ke SD, SMP, dan SMA/SMK? Jangan sampai sembarangan menentukan sekolah, karena sekolah secara tidak langsung ikut menentukan kesuksesan hidup seseorang.

Tentunya bukan perkara mudah untuk menentukan sekolah yang terbaik untuk menuntut ilmu, karena menuntut ilmu ibarat seseorang menimba air. Kita yang menentukan apakah kita akan mengambil air itu dari sumbernya langsung atau hanya melalui pompa air atau keran air saja? Tentunya proses akan menentukan hasil.

Yups, untuk menentukan pemilihan sekolah ada beberapa faktor sebagai berikut.

 

MENGENALI KARAKTER  

Karakter anak sebagai peserta didik tentu harus dipertimbangkan untuk mencari sekolah. Mulai kecil anak akan menunjukkan kecenderungan minat dan bakat melalui aktivitas yang dilakukan. Coba amati secara intensif apa yang sering dilakukan putra-putri Anda dalam kesehariannya, karena bisa jadi itu merupakan petunjuk bagi Anda untuk menentukan sekolah. Ingat, saat ini prestasi bisa juga bisa menentukan penerimaan siswa baru di sekolah. Pengenalan karakter ini sangat diperlukan bagi siswa SMP yang mau meneruskan ke jenjang SMA atau SMK.

 

MENGETAHUI KREDIBILITAS SEKOLAH

Siapa yang ingin menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah yang tidak kredibel? Pilihlah sekolah yang sudah terakreditasi, minimal terakreditasi B baik itu negeri atau swasta. Nah sekarang sebaiknya memilih sekolah negeri atau swasta? Mana yang lebih kredibel? Itu sangat tergantung oleh pengelolaan sekolah masing-masing oleh tenaga pengajarnya. Sekolah yang kredibilitasnya terjamin tentu dikarenakan oleh perencanaan yang baik dari staf pengajar di sekolah tersebut.

 

JARAK RUMAH DAN SEKOLAH

Jarak rumah dan sekolah juga perlu dipertimbangkan, terlebih bagi siswa TK dan SD. Jika memungkinkan pilih sekolah yang dekat dengan rumah dan berkualitas. Saat ini penerimaan peserta didik sangat ditentukan oleh ini, karena adanya jalur zonasi. Siapa yang dekat dia yang dapat, kiranya begitu ungkapannya.

 

PAHAMI CARA PENDAFTARAN

Hal yang paling penting adalah pahami cara pendaftaran. Bagaimana seorang anak bisa sekolah kalau belum melakukan pendaftaran? Beberapa tahun terakhir ini ada beberapa jalur pendaftaran bagi anak yang ingin masuk ke sekolah. Beberapa jalur pendaftaran sekolah antara lain sebagai berikut.

  1. Jalur prestasi adalah mendaftar sekolah dengan pertimbangan raihan atau capaian prestasi baik akademik dan nonakademik.
  2. Jalur zonasi yaitu cara mendaftar sekolah dengan mempertimbangkan kedekatan jarak rumah dan sekolah.
  3. Jalur pemindahan tugas merupakan jalur pendaftaran yang harus ditempuh oleh calon peserta didik yang mengikuti kepindahan tempat tinggal orang tuanya karena tugas kerja.

Berapa kompisisi setiap jalur pendaftaran? Beberapa tahun ini kompisisi bisa berubah, karena menyesuaikan regulasi dengan keadaan di lapangan.

Nah itu beberapa pertimbangan untuk memilih sekolah. Jangan sampai putra-putri Anda salah masuk sekolah, sehingga mereka akan kurang nyaman dalam belajar. Tentukan pemilihan sekolah dengan bijak! (*)

No comments:

Post a Comment