Breaking

Sunday, June 7, 2020

MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI BLOG

Membuat Blog Gratis

Siapa yang belum tahu blog? Rasanya sudah banyak yang mengetahui apa itu blog. Ya blog adalah sebuah akronim dari web log. Blog merupakan bentuk aplikasi web berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat dengan cara memposting pada sebuah halaman web.

Pada tampilan postingan tulisan-tulisan ini sering kali dimuat secara terbalik yaitu isi terbaru ada di atas yang lebih lama. Namun tidak semuanya seperti itu. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Banyak sekali penyedia layanan blog, bisa secara gratis maupun berbayar. Saran bagi yang masih belajar ngeblog (sebutan orang yang melakukan aktivitas pengerjaan blog) sebaiknya menggunakan layanan gratis. Layan blog gratis itu apa saja?

 

WordPress.com

WordPress.com adalah situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress. Situs ini didirikan oleh perusahaan Automattic. Pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang sulit ketika menggunakan situs WordPress.com. Namun, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.

 

Blogger.com

Blogger.com termasuk situs penyedia layanan untuk membuat blog gratis paling terkenal. Rasanya, hampir semua blogger mengenal platform yang satu ini. Bahkan, Blogger.com juga memiliki pengguna terbanyak daripada layanan blog lainnya. serta Blogger. com juga dikembangkan oleh perusahaan besar, Google. Keunggulan Blogger.com adalah mudah digunakan, tersedia berbagai template, serta pihak pengembang memperbolehkan pengguna untuk menampilkan iklan dan Javascript–javascript yang ada.

 

Weebly.com

Ada lagi layanan penyedia blog gratis yaitu weebly.com. Layanan penyedia blog ini bisa digunakan dengan mudah dan banyak menyediakan template menarik maupun sederhana. Keunggulan lain dari layanan penyedia blog ini yaitu dilengkapi dengan fitur drag and drop untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan layanan ini.

 

Blogdetik.com

Blogdetik.com adalah penyedia blog gratis asli Indonesia. Mengapa? Karena penyedia blog ini dicetuskan oleh media online berbasis berita terkemuka di Indonesia yaitu Detik.com. Blogdetik.com menyediakan banyak panduan bagi para pemula agar para pengguna tidak kebingungan saat menggunakan blog mereka.

 

Tumblr.com


Tumblr.com merupakan salah satu penyedia layanan blog gratis termudah, karena pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang relatif lama, kira-kira cukup satu menit saja. Tumblr.com mempunyai halaman timeline mirip Twitter, yang mana anda bisa memfollow akun blog orang lain agar postingannya tampil di timeline blog anda.

 

Medium.com

Medium.com adalah salah satu platform penyedia layanan blog gratis yang cocok bagi orang-orang yang suka dalam dunia tulis menulis. Penyedia layanan blog tidak mengizinkan anda memasang iklan atau menyisipkan Javascript di blog mereka. Medium.com kelihatannya sengaja didesain dengan sangat minimalis supaya semua orang tidak kebingungan ketika ingin membuat blog di layanan ini.

 

Blog.com

Fasilitas gratis yang diberikan Blog.com juga sangat beragam, seperti menawarkan fitur pilihan template dengan layout berbeda-beda, menawarkan fitur top level domain (TLD). Bahkan, Blog.com juga memginijinkan penggunananya mencari uang (earn money) dengan blognya tersebut, namun hal ini dikhusukan untuk akun premium (berbayar) saja.

 

Mudah-mudahan ulasan tadi menjadi pertimbangan Anda dalam membuat blog, sehingga sesuai style Anda. (*)

 


No comments:

Post a Comment