Breaking

Monday, August 9, 2021

MENGENAL KARAKTER GURU PADA ABAD 21

GURU YANG BAIK DI MATA SISWA


Guru memiliki peran penting pada proses pembelajaran. Pada abad 21 guru diharapkan bisa memiliki peran yang aktif dan efektif, karena proses pembelajaran selalu berdampingingan dengan perkembangan teknologi digital. Berikut ini profil guru pada abad 21 yang terlihat pada proses pembelajaran di sekolah.

 

GURU MEDIOKER (MEDIOCRE TEACHER)

Guru tipe medioker sering menjengkelkan bagi sebagian besar peserta didik. Ciri guru medioker adalah monoton, mata lebih banyak melihat buku dan membacanya, selalu duduk atau berdiri di depan ruang kelas, pendapatnya seolah merupakan kebenaran mutlak, dan peserta didik lebih banyak mendengar suara guru.

 

Cobalah Anda hitung persentase apakah lebih banyak mendengarkan peserta didik atau lebih banyak menceramahi peserta didik? Guru tipe medioker hanya menggugurkan kewajiban, susah menerima kritik, dan menutup diri. Guru tipe ini bisa berdampak negatif secara luas, kurang disenangi peserta didik dan orang tua, sampai menurunnya rasa hormat kepada guru.

 

Dampak luas kepada peserta didik adalah timbul rasa malas dan bosan di sekolah sebagai pelariannya akan megekpresikan energinya di luar sekolah yang bisa berpotensi negatif. Bagi Anda yang masih berada pada tahap ini silahkan segera berubah karena menjadi guru medioker tidaklah nyaman karena akan digilas jaman dan menjadi bahan gunjingan generasi z.

 

GURU YANG BAIK (GOOD TEACHER)

Guru dalam katagori ini selangkah lebih baik. Guru tipe baik memiliki kemampuan ceramah dan menjelaskan berdasarkan hasil analisis bukan sekadar membaca ulang dan menghafal meskipun dilihat dari gaya mengajarnya masih cenderung berpusat guru.

 

Selain itu, gaya mengajarnya juga masih bersifat teacher center. Suatu fakta sekaligus merupakan tragedi dimana masih banyak guru yang memahami materi pembelajaran dengan baik namun gagal memahami peserta didik. Guru tipe ini sebatas terampil memahami materi pembelajaran (content knowledge) dan mentransfer pengetahuan yang sebenarnya bisa digantikan oleh teknologi.

 

Guru tipe ini juga harus segera berubah dari sekadar menuangkan pengetahuan menjadi berorientasi mengembangkan keterampilan baru abad 21 dengan cara yang baru dalam memfasilitasi pembelajaran.

 

GURU SUPERIOR (DEMONSTRATES)

Apabila Anda dapat membuat suasana kelas menjadi lebih interaktif dan kreatif, semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapat maka Anda termasuk guru yang superior. Interaksi pembelajaran tidak lagi hanya terjadi guru dengan peserta didik, namun di antara peserta didik dan peserta didik dengan sumber belajar.

 

Guru superior suka memanfaatkan media pembelajaran sehingga materi pembelajaran mudah diingat dan dipahami oleh peserta didik. Guru superior sudah mampu menciptakan pembelajaran yang berbasis peserta didik namun dirinya tetap aktif.

 

GREAT TEACHER (INSPIRES)

Guru dengan tipe great sangat dibutuhkan oleh bangsa dan dirindukan selalu oleh peserta didik. Guru tipe ini seolah memiliki x-factor dimana setiap proses pembelajarannya selalu dilandasi oleh panggilan jiwa, ibadah, dan merasa berdosa apabila tidak mampu menginspirasi peserta didiknya.

 

Guru tipe ini banyak melakukan refleksi diri dan berupaya terus untuk membangun kompetensinya. Guru tipe ini sepenuh hati dan bermurah hati, tampil memesona namun canggih dalam artinya memiliki literasi TIK yang baik, pandai beranalogi, bermetafora, dapat menyelami perasaan peserta didik, ramah dan berwibawa.

 

Bayangkan apabila Anda selalu dirindukan oleh peserta didik sepanjang hari dimanapun dan kapanpun. Bagaimana mencapainya? Anda memerlukan 3 hal yaitu motivasi, pengetahuan, dan keterampilan. (*)

No comments:

Post a Comment