Breaking

Thursday, May 27, 2021

PENGERTIAN DAN TUJUAN IKLAN ONLINE

MENGENAL IKLAN ONLINE


Iklan online adalah info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, mengajak, membujuk agar khalayak umum atau masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet.

Meningkatnya pengguna komputer telah melahirkan cara baru dalam pemasaran. Semakin populernya internet telah mengubah cara orang mengumpulkan berita, melakukan komunikasi, membeli dan berpromosi. Blog, wiki, jaringan sosial dan website berita adalah contoh bagaimana informasi dapat dengan mudahnya didapatkan. Informasi bergerak dengan cepat, dalam hitungan detik blog, tweet, dan profil facebook diperbaharui informasinya.

Media baru menyajikan penggabungan dari media tradisional (film, cetak, musik, gambar, teks) dan teknologi digital, khususnya internet. Konsep seperti real time on demand, interaksi telah memaksa banyak media tradisional untuk beralih ke digital.

 

TUJUAN DAN KEUNTUNGAN IKLAN ONLINE

Iklan online memiliki tujuan dan keuntungan bagi pengiklan. Berikut ini tujuan penerapan iklan online.

  • Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur, dan manfaat merek, serta menfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
  • Membangun kesadaran (Awareness) merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek atau produk merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar. Setelah konsumen tahu tentang merek atau produk langkah selanjutnya adalah mendapatkan kepercayaan konsumen. Semakin baik merek atau produk dikenal oleh konsumen semakin mudah bisnis atau produk dan jasa dijual, misalkan iklan online banner baik static atau interaktif, merupakan media tepat untuk mempromosikan merek. Kekuatan visual dapat dikomunikasikan dengan baik melalui media ini.
  • Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen. Terdapat tiga langkah dalam menciptakan permintaan konsumen yaitu: (a) menginformasikan, (b) membujuk, dan (c) mengingatkan. Iklan harus dapat meyakinkan konsumen tentang apa yang mereka butuhkan dan mengapa mereka membutuhkan. Dengan iklan online konsumen baru dapat dijaring karena batasan waktu dan wilayah bukan lagi menjadi kendala.
  • Mempersuasi (membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan Semua bentuk pemasaran online perlu diarahkan untuk target penjualan jangka panjang. Namun, iklan online mendorong penjualan dalam jangka pendek dan menengah. Tidak seperti media iklan tradisional, iklan online dapat mengubah konsumen potensial menjadi konsumen yang sebenarnya dan langsung melakukan tindakan pembelian produk terhadap iklan yang ditawarkan. Konsumen dapat pergi dari iklan online yang ditawarkan langsung ke halaman web perusahaan hanya dengan satu klik. segala aktivitas konsumen dapat di lacak secara akurat dan diukur keberhasilannya. Begitu pula dengan target pengiklanan.
  • Membangun loyalitas konsumen. Setelah konsumen menyadari dan membutuhkan suatu produk, maka mereka perlu tahu bagaimana cara memenuhi keinginan atau kebutuhan tersebut. Pada titik ini penting bagi pemasar untuk menunjukkan kepada konsumen bagaimana merek tertentu atau produk terbaik akan memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga timbullah loyalitas konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

 

Tetap semangat belajar di era digital dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment