Breaking

Thursday, May 27, 2021

ALASAN MENGGUNAKAN IKLAN ONLINE UNTUK BISNIS

ALASAN MENGGUNAKAN IKLAN ONLINE


Mengapa memilih iklan online sebagai media promosi bisnis Anda? Mungkin sebagian dari kalian akan menjawab sekarang zamannya internet atau keren karena interaktif. Jika kalian memilih iklan online sebagai media promosi maka kalian akan mendapatkan beberapa keuntungan di antaranya berikut ini.

 

Tidak Ada Tanggal Kedaluwarsa

Sebuah iklan cetak seperti koran, majalah hanya dicetak untuk tanggal atau bulan tertentu saja tergantung terbitnya, begitu pula televisi. Setelah publikasi berakhir maka iklan akan menjadi usang, Media online dapat lebih fleksibel, instan dan berubah-ubah.

Sebuah website dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu (24/7) dan tidak akan pernah berakhir. Orang-orang mengunjungi situs berita favorit mereka dengan melihat banner setiap hari; pesan dapat diperkuat dan konten dapat diperbarui dalam hitungan menit.

 

Lead Time

Butuh waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, sebelum sebuah iklan offline dapat diputar atau dicetak. Informasi online dapat dipublikasikan segera mungkin dan berubah secara teratur meskipun ada atau tidak ada lead time.

 

Kualitas Paparan

Ketika Anda berkendara melewati billboard atau menonton iklan di sela-sela film seri favorit Anda, Iklan dapat ditampilkan meskipun Anda tidak memiliki kepentingan terhadap produk yang ditawarkan, informasi yang ditawarkan pun terbatas. Berbeda dengan iklan online, konsumen hanya perlu meng-klik banner atau iklan online lainnya jika mereka tertarik, maka informasi lebih lanjut ditampilkan.

 

Kebebasan

Pengguna internet memiliki kontrol lebih besar atas apa yang ingin mereka lihat dan lakukan terhadap iklan online. Tidak seperti pendengar radio, penonton televise, pembaca majalah dan koran atau iklan billboard di jalan raya,

Mereka tidak memiliki kontrol atas apa yang ingin mereka dengar dari iklan radio atau lihat dari iklan di majalah. Kebebasan dalam memilih memungkinkan pelanggan untuk mengambil keputusan untuk berinteraksi dengan merek atau tidak.

 

Jangkauan

Dengan media Internet iklan anda ditampilkan tanpa ada batas geografis, tidak peduli di mana lokasi konsumen Anda. Satu iklan online memiliki potensi untuk mencapai ribuan konsumen yang tersebar di seluruh dunia.

 

Biaya

Asalkan Anda memahami bagaimana mengelola anggaran, menemukan cara pembayaran yang paling efektif, memilih media iklan online yang tepat, maka anggaran Anda dapat dihemat dan hasil dapat lebih terukur dibandingkan iklan tradisional. Contoh sebuah iklan di TV selama 30 detik selama 1 minggu biayanya cukup menguras keuangan Anda dibandingkan dengan iklan banner di sebuah website berita atau adwords di google.


TINGKAT KEBERHASILAN IKLAN ONLINE 

Apakah penggunaan iklan online selalu berhasil? Sebagian dari kita akan menjawab iya dan sebagian lagi mungkin tidak, Kenapa iklan online tidak dapat berhasil, pasti karena terdapat kendala-kendala sebagai berikut.

 

Pop Up Blocker

Ketika konsumen membuka sebuah website, kadang-kadang banyak iklan yang tampil dan sangat mengganggu, Untuk menanggulangi hal tersebut konsumen dapat menggunakan pop up blocker pada pengaturan pada browser atau menginstal sebuah aplikasi untuk menghalau iklan banner pop up.

 

Ad Blocker

Sebagian besar browser saat ini dapat memblokir pop-up, bahkan pada browser Mozilla Firefox terdapat ekstensi yang dapat mengblokir iklan online seperti AdBlock Plus, begitu pula pada Google Chrome. Hal ini dapat mengakibatkan iklan yang ingin ditayangkan terblokir.

 

Kecepatan Koneksi

Bandwidth juga dapat menjadi masalah besar bagi iklan online, meskipun hal ini berangsur-angsur dapat ditanggulangi dengan hadirnya teknologi pengiriman data yang cepat.

 

Layar

Dengan banyaknya ukuran layar komputer, tablet termasuk smarphone menyebabkan pemasar harus membuat desain yang lebih dinamis atau membuat beberapa versi iklan agar dapat dibuka disemua gadget.

 

Tetap semangat belajar di era digital dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment