Breaking

Thursday, May 27, 2021

MENGENAL JENIS-JENIS IKLAN ONLINE

JENIS-JENIS IKLAN ONLINE


Sejak ditemukan mesin pencari online, siapa pun bisa menemukan apa saja di dunia maya, dari jurnal ilmiah hingga alat rumah tangga. Keberadaan mesin pencari online seperti Google pun merubah perilaku konsumen, di mana konsumen saat ini bisa mencari produk di Google terlebih dahulu sebelum membelinya. Google menyebut keadaan ini sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT).

Menurut Google sebanyak 84 persen konsumen mencari produk di Google sebelum membelinya. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk menunjukkan iklan online Anda melalui hasil pencarian. Ada berapa jenis iklan online? Iklan online dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

 

IKLAN BERBENTUK TEKS


Contoh Iklan Berbentuk Teks


Iklan teks adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dapat digunakan pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan. Iklan teks menampilkan teks saja di bagian papan iklannya. Berikut ini contoh-contoh iklan teks secara online.

 

Iklan Link

Jenis iklan ini lebih ditekankan ke penulisan alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri, Dalam membuat link usahakan ditulis sependek mungkin, akan tetapi harus mewakili keseluruhan isi iklan. Jenis iklan ini biasanya ditempatkan di iklan baris, iklan teks PPC, pertukaran link dengan pemilik situs web lain, dan iklan banner atau yang berisi link iklan.

 

Iklan Kontekstual

Iklan kontekstual atau contextual ads adalah Iklan yang ditampilkan di halaman web dengan target individu tertentu yang mengunjungi website. Sebuah sistem iklan kontekstual memindai teks dari sebuah website untuk kata kunci dan mengembalikan iklan ke halaman web berdasarkan apa yang pengguna lihat, baik melalui iklan yang ditempatkan pada halaman atau iklan pop-up.

Misalnya, jika pengguna melihat website tentang olahraga, dimana website tersebut menggunakan iklan kontekstual, pengguna mungkin melihat iklan untuk perusahaan yang berhubungan dengan olahraga, seperti alat-alat olahraga atau penjual tiket pertandingan. Iklan kontekstual juga digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan iklan pada halaman hasil pencarian mereka berdasarkan kata apa yang pengguna telah mencari.

 

Iklan Hasil Pencarian

Iklan hasil pencarian atau search ads (dapat disebut juga pay per click ads) adalah iklan ini ditampilkan pada halaman web hasil pencarian dan jaringannya. Tampilnya iklan berdasarkan pada kata kunci yang dicari oleh pengguna yang menggunakan layanan mesin pencari, biasanya berupa teks, dapat ditempatkan di atas, di bawah atau di sebelah kanan hasil pencarian dalam sebuah kotak dan terdapat kata “ads”.

Tetapi saat ini beberapa format selain teks dapat digunakan seperti gambar atau video. Anda hanya akan membayar jika Iklan ini diklik oleh pengguna. Penyedia iklan ini (Platform) adalah Google Adwords dan Microsoft adCenter.

 

Iklan Direktori Online

Iklan direktori online atau online directories adalah iklan yang tampil pada suatu direktori tertentu. Contoh iklan direktori yaitu perusahaan[1]perusahaan yang menempatkan iklan di direktori Yellow Pages.

 

Iklan Daftar Lokal

Iklan daftar lokal (local listings) atau SEO (Search Engine Optimizing) Lokal. Jenis iklan ini gratis dan diperuntukkan untuk untuk bisnis lokal. Contohnya Google Places untuk Bisnis, Yahoo! Local, Yelp untuk Bisnis, dan banyak lagi. Ada kemungkinan, bisnis yang anda jalani sudah terdaftar, Anda hanya perlu mengklaim saja.

Sebagian isi dari list ini disediakan oleh Yellow Pages atau perusahaan besar lainnya seperti InfoUSA yang telah mengumpulkan informasi ini selama bertahun-tahun. Pastikan daftar Anda diklaim, up to date, dan memiliki informasi yang kaya dan relevan.

 

Iklan Konten

Iklan konten (Content ads) adalah iklan yang ditampilkan pada halaman website berupa teks link yang sesuai dengan aturan penyedia konten ads, Adapun cara kerjanya adalah sistem Iklan konten menganalisa halaman website

Anda secara berkelanjutan, mencari kata yang bersesuaian dan menampilkan link ke konten di website Anda. Ada beberapa hal yang dijadikan dasar dalam menampilkan iklan konten diantaranya adalah profil lengkap setiap bagian dari konten berdasarkan popularitas, berbagi sosial, dan komentar.

Misalnya, jika pengguna melihat halaman website tentang mobil di depok, sistem Iklan konten dapat menunjukkan iklan untuk jenis mobil yang dijual atau tempat penjualan mobil. Hasilnya iklan yang relevan ditampilkan kepada pengguna yang tepat sertamempromosikan konten terbaik Anda.

 

IKLAN BERBENTUK DISPLAY


Contoh Iklan Berbentuk Display


Iklan display adalah iklan yang ditampilkan kombinasi antara teks, gambar dan animasi (tetapi tidak interaktif seperti rich media)dan setiap iklan display memiliki ukuran yang telah diatur. Terdapat beberapa jenis iklan display sebagai berikut.

  • Interstitial banners
  • Pop-up dan pop-under
  • Floating advert
  • Wallpaper advertising
  • Map advertising
  • Iklan media sosial

 

IKLAN BERBENTUK RICH MEDIA (MULTIMEDIA)


Contoh Iklan Berbentuk Multimedia 


Iklan rich media adalah iklan yang dapat berinteraksi dengan konsumen dan merupakan gabungan antara video, teks, gambar, animasi dan suara. Iklan berbentuk animasi tetapi tidak terdapat interaksi maka disebut iklan display. Ada banyak jenis iklan ini sebagai berikut.

  • peel-back
  • floating
  • expanding
  • transitional (interstitial, introstitial, exterstitial)

 

Tetap semangat belajar di era digital dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment