Breaking

Thursday, May 27, 2021

CARA MEMASARKAN DAN PEMBAYARAN IKLAN ONLINE

MEMASARKAN DAN PEMBAYARAN IKLAN ONLINE


Dalam memasarkan iklan online, Anda dapat melakukannya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu dengan cara mencari penyedia iklan online gratis.

Caranya gunakan mesin pencari misalnya Google atau Yahoo kemudian masukkan kata kunci “iklan gratis”. Contoh penyedia iklan gratis, misalnya 1) www.bandungspace.com 2) www.bandung.olx.co.id 3) www.berniaga.com, dan4) www.tokobagus.com.

 

MODEL PEMBAYARAN IKLAN ONLINE

Ada banyak cara untuk memasarkan iklan begitu pula cara pembayarannya. Berikut adalah beberapa bentuk dan sistem pembayaran iklan online:

 

Pay Per Impression

Pengiklan harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM atau biaya per seribu tayangan. Pengiklan menghitung biaya untuk menampilkan pesan iklan ke seribu pemirsa (Cost per Mille atau Cost per Thousand). metode ini digunakan dengan tujuan brand awareness dan penginformasian produk.

CPM untuk Rich Media harganya lebih tinggi daripada media iklan standar. Hal ini didasarkan pada ukuran file yang digunakan. CPM merupakan bentuk pembayaran yang menguntungkan penyedia iklan, Biasanya, website dengan trafic tinggi, Contohnya portal web seperti www.yahoo.com atau website berita seperti CNN.

 

Pay Per Click

Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan iklan mereka (Cost per Click). Mereka tidak membayar untuk jumlah tayangan. Mereka hanya membayar bila pengunjung anda meng-klik pada pesan iklan mereka dan mengarahkan ke situs web yang mereka tentukan.

Iklan PPC biasanya dikaitkan dengan pemasaran pencarian berbayar. Metode pembayaran ini juga kadang- kadang digunakan dalam pemasaran afiliasi, ketika tujuannya adalah untuk mengarahkan lalu lintas ke web baru.

 

Pay Per Action

Pengiklan hanya membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan (Cost per Action) misalnya, pembelian atau pengiriman formulir (konsumen mengisi formulir), mengunduh file atau membeli produk.

Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Tetapi model ini merupakan jenis terburuk bagi penyedia iklan, karena penyedia iklan hanya dihargai jika iklan berhasil. Model PPA tidak umum digunakan untuk iklan banner dan umumnya terkait dengan afiliasi pemasaran.

 

Pay Per Sale

Tipe yang kedua memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link yang ditampilkan affiliator. Misalnya pada amazon.com.

 

Pay Per Lead

Tipe pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Contoh: http://www.shareasale.com/.

 

Tetap semangat belajar di era digital dan semoga bermanfaat! (*)

 

No comments:

Post a Comment