Breaking

Tuesday, May 25, 2021

APLIKASI PENDUKUNG BELAJAR DARING

APLIKASI PENDUKUNG BELAJAR DARING DI ERA PANDEMI


Pada masa pandemi Covid-19 sesuai arahan pemerintah melalui Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) semua sekolah menerapkan sistem belajar dari rumah. Model belajar dari rumah ini diterapkan dalam dua metode, yaitu Daring (dalam jaringan) dan Luring (luar jaringan).

Siswa setiap sekolah kadang merasakan bahwa hal kegiatan belajar dari rumah itu membosankan dan kurang maksimal bagi mereka. Banyak siswa yang merasakan terbatasnya akses antara guru dan murid, bahkan siswa menuntut penjelasan dari materi yang lebih mendetail. Mari mengenal aplikasi belajar yang dapat membantu Anda saat belajar dari rumah saat ini.

 

APLIKASI PEMINDAI BERKAS

Memindai suatu dokumen fisik ke dalam bentuk digital biasanya diperlukan perangkat pemindai yang biasa disebut scanner. Bagaimana jika suatu saat kita harus memindai sebuah dokumen dengan cepat tetapi tidak menemukan alat pemindai? Beruntungnya, kemajuan teknologi mempermudah segalanya, termasuk memindai dokumen. Tak perlu alat scanner khusus, Anda dapat memindai dokumen apapun menggunakan ponsel menggunakan beberapa aplikasi berikut.

 

Adobe Scan

Aplikasi Adobe Scan | Google


Adobe Scan
adalah aplikasi scan PDF, sehingga Anda bisa menandai semua data penting seperti memindai dokumen serta kwitansi. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan lebih mudah membaca dokumen yang diperlukan. Anda juga bisa mengirim dokumen via email atau back-up melalui Cloud. Adobe Scan mampu memindah berbagai jenis dokumen.

 

Microsoft Lens

Aplikasi Microsoft Lens | Google Play

Aplikasi ini membantu dan memungkinkan Anda menyimpan seluruh dokumen penting dalam bentuk foto cetak atau dokumen teks tertulis dengan cara memindainya. Gambar atau dokumen teks tertulis yang dipindai akan disimpan ke dalam OneNote, OneDrive, ataupun perangkat Anda.

 

APLIKASI PENGATUR WAKTU

Smartphone yang dapat membantu aktivitas belajar kita selama belajar dari rumah, misalnya mengunduh aplikasi yang bisa mengatur jadwal belajar. Kali ini mari kita mengenal palikasi online yang bisa digunakan untuk mengatur jadwal kegiatan sehari–hari. Kira–kira ada aplikasi apa saja ya? Yuk kita simak pembahasan berikut ini.

 

Deepstash

Aplikasi Deepstash dapat digunakan untuk mengatur managemen waktu, self improvement, dan lain sebagainya. Bagi yang suka membaca pada aplikasi ini ditampilkan bacaan dalam bentuk artikel, namun dalam bentuk card yang hanya ditampilkan poin-poin pentingnya saja. tampilan pada Deeptash juga menarik dan fiturnya mudah dipahami.

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang menyajikan informasi dengan sistem audio platform. Terdapat banyak topik dan tema yang bisa Anda dapatkan di dalam aplikasi ini, seperti tema komunikasi, pemerintahan, kepemimpinan, pendidikan, pemasaran, pemula, ilmu pengetahuan, topik gaya hidup sehat, dan lain sebagainya.

 

Be Focused

Aplikasi Be Focused | Appstote


Buat yang sedang dalam masa-masa sibuk mengerjakan tugas, Anda bisa menggunakan aplikasi Be focused untuk membantu mengatur. Anda bisa mengatur berbagai kegiatan, misalnya tugas-tugas sekolah maupun kuliah. Selain itu aplikasi ini juga menyederhanakan pekerjaan Anda, membantu menghilangkan gangguan, dan juga menetapkan nilai-nilai inti.

 

APLIKASI BELAJAR BAHASA

Saat ini internet dipenuhi oleh alat pembelajaran bahasa, seperti aplikasi, penerjemah, flashcards online, dan e-book. Banyak dari fasilitas ini bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma. Kini, tinggal menyerahkan semua kembali ke diri Anda untuk memanen semua kemudahan ini. Anda tinggal di zaman di mana pendidikan dan informasi berada di ujung jari.

 

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Online

KBBI Online | Kemendikbud


Pada aplikasi ini tanpa di jelaskan pun Anda tahu kegunaan aplikasi sini. Yap aplikasi KBBI ini sangat berguna ketika Anda ingin mencari arti kata yang kurang dimengerti atau kata yang menurut Anda asing di dengar, aplikasi ini sangat membantu terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

 

Word Hippo

Aplikasi Word Hippo | Google

Aplikasi Word Hippo membantu Anda dalam menemukan kata yang mirip dan berlawanan dengan fitur pada aplikasi tersebut, yaitu tesaurus dan berbagai jenis kata lain seperti kalimat, rima, jenis kata terkai, kata yang cocok, definisi, dan terjemahan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan contoh-contoh kalimat, kata-kata yang mengritakan, jenis kata, dan mencocokkan kata.

 

U Dictionary

Seperti namanya, Dictionary aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu Anda dalam belajar bahasa inggris dengan berbagai fitur menarik. Terdapat fitur grammar, spelling check, learning video, magic translate, dan dictionary offline.

 

Dictionary Offline

Nah, pada fitur ini jika Anda mau menggunakan U Dictionary secara offline, Anda bisa memakai fitur ini dengan cara mendownload beberapa pilihan yang tersedia seperti Dictionary, Sentence, Sinonyms, Anthonyms, Phrases, dan Cognate words

 

Grammar

Rekomendasi aplikasi belajar berikutnya yakni grammar. Memudahkan Anda untuk mencari dan menerjemahkan kata yang sulit Anda mengerti dengan arti yang sederhana dan mudah di pahami.

 

Spelling Check

Di aplikasi Spelling Check ini terdapat fitur untuk Anda belajar speel  atau mengeja kata maupun kalimat dalam bahasa inggris dan hal itu sangat membantu Anda dalam mengerti pelafalan dan pengejaan dalam bahasa Inggris

 

APLIKASI BELAJAR PENGETAHUAN UMUM

Penggunaan smartphone harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memudahkan aktivitas kita. Bagi para pelajar, banyak sekali hal yang bisa dimanfaatkan dari smartphone yang dapat membantu aktivitas belajar, misalnya, mengunduh aplikasi belajar online. Berikut ini aplikasi belajar yang bisa digunakan untuk membantu belajar Anda pada mata pelajaran umum.

 

Socratic by Google

Aplikasi Socratif | Google

Aplikasi Socratic ini adalah aplikasi yang dibantu oleh Google All untuk membantu mengerjakan serta menjawab soal tugas-tugas atau PR Anda di mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi untuk jenjang SMA dan Umum. Sangat membantu karna banyak di antara siswa siswi SMA maupun mahasiswa yang sedikit kesulitan ketika mengerjakan soal-soal Fisika, Kimia, dan Biologi.

 

Photomath

Pada aplikasi ini, membantu Anda untuk menjawab soal-soal matematika aritmatika dasar, pecahan, desimal, pangkat, akar, persamaan linier, dan fungsi sin cos tan. Cara menggunakannya sangat sederhana, cukup memotret bagian soal mana yang ingin Anda selesaikan menggunakan bantuan Photomath. sederhana dan mudah kan?

 

Notion, Note, Project Docs

Notion, Note, Project Docs adalah aplikasi yang membantu mempermudah serta sangat berguna untuk Anda untuk menyimpan catatan penting, selain itu aplikasi ini juga mampu membantu Anda memanage tugas-tugas sekolah dan PR (pekerjaan rumah) Anda serta mempermudah Anda dalam planner.

 

Belajar adalah kewajiban bagi setiap orang dan tidak ada alasan untuk kita tidak mau belajar. Belajar adalah sesuatu yang bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja penggunaan aplikasi akan membantu kita dalam belajar dan mengurangi rasa bosan bagi kita yang kurang menyukai belajar monoton. Maka akan lebih menyenangkan apabila Anda menggunakan aplikasi menarik dengan berbagai fitur canggih. Selamat belajar dan semoga sukses ya! (*)

No comments:

Post a Comment