Breaking

Thursday, November 3, 2022

RUANG LINGKUP MATERI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 7 SMP

sasana widya guru


Pembelajaran Bahasa Jawa merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Jawa. Kemampuan literasi dikembangkan dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan berbasis genre.

 

Peserta didik pada akhir fase D diharapkan memiliki kemampuan berbahasa daerah dengan santun dalam menggunakan basa rinengga untuk berbicara dan menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh basa.


Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi, dan menganalisis informasi berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, gelar wicara, teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi, dan eksposisi (cerkak, cerita wayang, geguritan/ puisi, pacelathon, tembang macapat) yang beraksara Latin dan/ atau aksara Jawa.

 

Peserta didik mampu menulis bahasa daerah berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif menggunakan huruf Latin dan aksara  Jawa, basa rinengga untuk menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh basa, ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/ kontra sesuai unggah-ungguh basa/ tata krama dalam memberikan penghargaan secara tertulis dan menulis berdasarkan fakta, pengalaman, imajinasi dalam bentuk gancaran dan geguritan/ puisi dan tembang macapat.

 

sasana widya guru

Berikut ini link unduh yang bisa digunakan:

 

Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 7 SMP

 

Mari bersinergi demi kemajuan pendidikan dan terima kasih! (*)

No comments:

Post a Comment