Breaking

Tuesday, June 8, 2021

BISNIS ONLINE MENGGUNAKAN IKLAN PAY PER CLICK

IKLAN PAY PER CLICK


Banyak pilihan media iklan yang bisa digunakan pada saat ini. Media iklan bisa digolongkan menjadi dua, yaitu iklan konvensional dan iklan digital. Iklan konvensional misalnya, televisi, radio, baliho, billboard, koran, majalah, atau bahkan leaflet. Namun, di era digital ini ada model iklan yang lebih efektif dan lebih cocok untuk diterapkan di masyarakat digital.

Model iklan tersebut adalah iklan PPC atau pay per click. Iklan pay per click adalah model iklan yang cocok diterapkan saat ini, mengingat mayoritas penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet. Selain itu, model iklan ini juga lebih efektif, lebih efisien, dan lebih ekonomis dibanding model iklan konvensional. Iklan pay per click adalah salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audien.

 

PLATFORM PENYEDIA IKLAN PAY PER CLICK

Iklan pay per click tidak hanya disediakan oleh Google saja, namun beberapa platform media sosial juga menyediakan sistem iklan yang sama. Platform media sosial yang menyediakan iklan Iklan pay per click, misalnya Facebook, Twitter, dan Instagram bagi para pemilik bisnis untuk memasang iklan di platform mereka.

 

Google Ads

Google Ads


Platform pertama yang bisa digunakan untuk beriklan adalah Google Ads. Platforn iklan ini sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords. Sejak 24 Juli 2018, Google mengubah nama platform iklan mereka dari Google AdWords menjadi Google Ads. Google Ads adalah fitur dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar di hasil pencarian Google.

 

Facebook Ads

Facebook Ads


Platform kedua untuk beriklan adalah Facebook Ads. Iklan pay per click dari Facebook Ads perlu Anda pertimbangkan, karena banyaknya pengguna Facebook di Indonesia. Berdasarkan riset yang dirilis KataData, Indonesia menyumbang 130 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017. Selain itu, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 23 menit per hari untuk mengakses Facebook.

 

Instagram Ads

Instagram Ads


Platform ketiga yang dapat Anda manfaatkan untuk beriklan adalah Instagram Ads. Jika sudah familiar dengan pembuatan iklan di Facebook Ads, membuat iklan di Instagram tidak akan sulit bagi Anda. Sebab sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2012, platform iklan keduanya disatukan di bawah Facebook Ads Manager.

Jadi langkah-langkah pembuatan Instagram Ads hampir mirip dengan cara membuat Facebook Ads. Sama seperti syarat membuat Facebook Ads, Anda juga harus punya halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads.

 

JENIS-JENIS IKLAN PAY PER CLICK

Sebagai gambaran atau pertimbangan Anda dalam menentukan pembuatan iklan pay per click, berikut ini beberapa jenis iklan pay per click yang sering muncul di dunia maya.

 

Search Advertising

Contoh Search Advertising


Iklan search advertising ini umumnya muncul pada SERP (Search Engine Result Page), baik pada mesin pencari Google ataupun Bing. Iklan pay per click ini ditandai dengan teks Iklan yang muncul di samping hasil pencarian.

 

Social Advertising

Iklan social advertising ini tidak terlalu berbeda dengan search advertising. Jenis iklan pay per click ini adalah iklan yang ditampilkan pada media sosial. Tergantung pengaturannya, iklan jenis ini bisa tampil pada beranda, stories, dan lainnya.

 

Display Advertising

Iklan display advertising juga disebut Google Display Network. Jenis iklan pay per click ini akan menampilkan iklan Anda dalam bentuk display ads. Dimana bisa berupa teks, maupun visual yang meliputi gambar, video dan GIF.

 

Google Shopping

Contoh Google Shopping


Seperti namanya, jenis iklan pay per click ini menampilkan gambar produk beserta harganya dihasil pencarian Google. Lalu, jika Anda mengklik iklan tersebut, Anda akan diarahkan langsung ke lapak penjualnya di website e-commerce.

 

Remarketing

Iklan pay per click hanya akan menampilkan iklan ke orang yang sebelumnya sudah mengunjungi website atau melakukan pembelian pada Anda. Remarketing ini dinilai cukup efektif, karena menyasar audien yang memang sudah tertarik pada produk tersebut sebelumnya.

 

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN IKLAN PAY PER CLICK

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh, jika menggunakan iklan pay per click.

 

Bisa Menentukan Target Audien

Iklan pay per click memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak audien yang ditargetkan untuk suatu iklan. Anda bebas mengatur jumlah audien iklan Anda, bisa 10.000 audien, 20.000 audien, atau bahkan 50.000 audien. Pada prinsipnya lebih banyak audien yang ditargetkan, lebih banyak juga uang yang Anda keluarkan.

Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audien yang Anda targetkan. Misalnya, bisnis Anda adalah pakaian laki-laki, Anda bisa menargetkan audien yang sesuai dengan target pasar Anda, yaitu remaja laki-laki dan pria. Iklan pay per click juga memungkinkan Anda untuk menentukan target audien berdasarkan lokasi sehingga Anda bisa fokus pada lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis online Anda.

 

Hasil Lebih Cepat

Iklan pay per click bisa memperoleh hasil dari iklan dalam waktu yang relatif cepat. Jadi Anda bisa mendapatkan visitor lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

 

Menyesuaikan Anggaran

Jika Anda berpikir biaya iklan itu mahal. Sejatinya relatif, karena hal tersebut tidak berlaku di iklan pay per click. Pada iklan pay per click menggunakan sistem iklan online yang memungkinkan Anda mengatur biaya iklan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Bahkan Anda bisa membuat iklan pay per click dengan biaya iklan ratusan ribu rupiah saja, bukan ratusan juta lho!

 

Algoritma Tidak Mempengaruhi Pay Per Click

Iklan pay per click tidak terkena dampak dari algoritma organik. Dengan begitu, Anda postingan dan promosi penting Anda tetap bisa tersampaikan kepada target audien tanpa perlu mengkhawatirkan algoritma.

 

Membedakan Pay Per Click dan Organik

Banyak orang yang berpikir bahwa tidak ada orang yang mau mengklik iklan pay per click di Google, Facebook, atau Instagram. Memang benar sebagian orang mengabaikan iklan di platform-platform tersebut. Namun, bukan berarti semua orang mengabaikan iklan pay per click.

Menurut riset yang dilakukan WordStream, sebanyak 41 persen orang tidak bisa membedakan apakah itu feed organik atau iklan pay per click. Jadi tidak perlu khawatir tidak ada yang mengklik iklan pay per click Anda.

Demikian pembahasan mengenai iklan pay per click yang bisa dijadikan referensi. Pada prinsipnya iklan pay per click adalah salah satu model iklan paling efektif dan efisien yang harus Anda terapkan pada bisnis Anda pada era digital ini. 


Tetap semangat belajar di era digital dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment