Breaking

Tuesday, June 8, 2021

MENGENAL GOOGLE ADWORDS ATAU GOOGLE ADS

GOOGLE ADWORDS ATAU GOOGLE ADS


Salah satu iklan pay per click yang banyak dipilih oleh pengiklan adalah Google AdWords. Sebelum menjelaskan tentang cara menggunakan Google AdWords, ada satu informasi penting yang perlu Anda ketahui. Informasi apakah itu?

Mulai tanggal 24 Juli 2018 Google mengubah nama platform iklan mereka dari Google AdWords menjadi Google Ads. Tapi tenang saja, secara garis besar cara menggunakan Google AdWords dan Google Ads sama.

 

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS

Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh pengiklan apabila menggunakan Google AdWords.

 

Google Menguasai Pangsa Pasar Search Engine

Mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan Google AdWords? Google menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pada saat ini Google menguasai pangsa pasar mesin pencari secara global, yaitu sebesar 92,74 persen, disusul oleh Yahoo (2,32 persen) dan Bing (2,17 persen).

Persentase pangsa pasar mesin pencari di Indonesia sedikit berbeda. Penguasaan pangsa pasar mesin pencari oleh Google lebih besar, yaitu sebesar 97,09 persen. Yahoo dan Bing hanya mendapatkan pangsa pasar sebesar masing-masing 1,66 persen dan 0,77 persen di Indonesia. Maka kemungkinan besar iklan Anda akan dilihat lebih banyak orang jika menggunakan paid search dari Google.


Target Audien Lebih Spesifik

Target audien di Google AdWords bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bisnis Anda butuh jangkauan luas di seluruh Indonesia? Atau bisnis Anda hanya membutuhkan jangkauan lokasi di kota atau provinsi tertentu? Anda bisa mempersempit jangkauan lokasi iklan sehingga target audien lebih spesifik. 

Anda juga bisa mengatur iklan untuk tampil di perangkat apa saja. Orang-orang mengakses mesin pencari melalui berbagai perangkat, dari desktop, tablet, hingga smartphone. Anda bisa mengatur iklan Anda untuk tampil di ketiga perangkat sekaligus atau memilih beberapa di antaranya saja.

Selain mengatur jangkauan lokasi dan perangkat, Anda juga bisa mengatur waktu munculnya iklan. Jadi Anda bisa mengatur iklan Anda untuk tampil di hari apa saja dan dari jam berapa sampai jam berapa. Tentu fitur ini berguna bagi bisnis yang memiliki jam operasional terbatas.

Misalnya, bisnis Anda hanya buka dari Senin sampai Sabtu, dari pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore. Anda bisa mengatur iklan untuk tampil di hasil pencarian pada kurun waktu tersebut.

 

Remarketing

Selain iklan berbayar di hasil pencarian, Google AdWords akan membantu Anda untuk mengiklankan bisnis Anda di website dan aplikasi partner Google. Jadi Google juga akan menampilkan iklan Anda kepada orang yang sudah membuka iklan Anda, tapi belum melakukan pembelian.

Orang tersebut akan melihat iklan Anda di website dan aplikasi lain yang ia buka. Proses ini disebut sebagai remarketing yang fungsinya untuk mempertahankan buying intent calon pelanggan.

  

Biaya Minimalis

Mungkin dalam bayangan Anda memasang iklan di perusahaan besar seperti Google akan memakan biaya yang tidak sedikit. Padahal pada kenyataannya tidak. Anda bisa mengatur estimasi biaya Anda di angka yang minim sekalipun.

 

CARA MENGGUNAKAN ADWORDS

Di poin ini akan saya jelaskan bagaimana cara mendaftar di Google AdWords, cara membuat iklan Google AdWords, sampai pembayaran Google AdWords.

 

Buka Google Ads

Google Adsense

Silakan buka situs Google Ads melalui link http://www.ads.google.com/.

 

Buat Google Ads

Akun Google Adsense

Anda bisa menggunakan akun Google pribadi. Namun, jika Anda tidak ingin kotak masuk email Anda penuh dengan email dari Google Ads, Anda bisa membuat akun Google baru khusus untuk keperluan Google AdWords.


Pilih Tujuan

Setelah login ke AdWords, Anda akan diminta untuk memilih goal dari iklan Anda. Ada tiga pilihan tujuan yang disediakan AdWords dan pilih salah satu yang paling cocok dengan bisnis Anda.

Pertama adalah menghubungi Anda melalui telepon. Jika Anda menjalankan bisnis yang kebanyakan transaksinya dilakukan via telepon. Misalnya, Anda mengelola bisnis konsultasi yang menuntut klien untuk berbicara panjang melalui telepon.

Klien Menghubungi Melalui Telepon


Kedua adalah mengunjungi toko fisik. Apabila Anda mengelola toko fisik seperti restoran, kafe, rumah makan, atau jenis usaha lain yang menuntut pelanggan untuk langsung mengunjungi toko.

Kunjungi Toko


Ketiga adalah mengunjungi website. Jika transaksi usaha Anda kebanyakan dilakukan melalui website, maka pelanggan bisa langsung mengunjungi website Anda.

Kunjungi Website


Pilih Jangkauan Lokasi

Jangkauan Lokasi

Selanjutnya pilih jangkauan lokasi yang Anda targetkan. Anda bebas memilih jangkauan lokasi, baik di Indonesia maupun luar negeri. Anda bahkan bisa mempersempit jangkauan lokasi ke kota atau provinsi tertentu.

 

Pilih Kategori

Kategori Audien

Pilih kategori bisnis yang Anda kelola untuk memudahkan Google untuk menentukan target audien iklan Anda.


Buat Copy Iklan

Copy Iklan | Niaga Hoster

Membuat copy iklan untuk paid search tidak bisa dilakukan sembarangan. Google membatasi karakter untuk copy iklan Anda. Untuk headline iklan Anda bisa menulis sampai 30 karakter. Sedangkan untuk isi iklan Anda bisa menulis sampai 80 karakter.

Anda dituntut untuk membuat iklan yang singkat, padat, jelas, dan tentu menarik menggunakan karakter yang terbatas. Buatlah materi iklan yang berisi instruksi jelas apa yang harus dilakukan calon pelanggan ketika melihatnya.

 

Masukkan Foto Opsional

Masukkan Foto Opsional


Pilih foto terbaik yang menggambarkan bisnis dan promo yang sedang Anda jalankan. Pilihan foto ini opsional.

 

Tentukan Anggaran

Menentu Anggaran


Jangan khawatir soal anggaran ketika menggunakan Google AdWords. Google menerapkan PPC atau pay per click. Jika iklan Anda tidak diklik, Anda tidak perlu membayar. Jadi Anda hanya perlu membayar ketika iklan diklik oleh target audien Anda. Dengan cara ini Anda bisa menghemat biaya iklan.

Anda juga bebas menetapkan estimasi biaya. Jika ini adalah kali pertama Anda menggunakan Google AdWords, sebaiknya pilih estimasi biaya terkecil. Setelah itu evaluasi performa iklan Google AdWords pertama Anda. Apabila performa iklan Anda menunjukkan hasil yang cukup baik, Anda bisa meningkatkan biaya secara bertahap untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

 

Pilih Metode Pembayaran

Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang disediakan Google cukup beragam. Anda bisa membayar menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Jadi meskipun Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda tetap bisa memanfaatkan layanan Google AdWords.

 

Tetap semangat belajar di era digital dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment