Breaking

Sunday, June 28, 2020

BERSEPEDA AMAN SAAT NEW NORMAL

Bersepeda Saat New Normal

Sepertinya bukan rahasia lagi atau sudah umum, bahwa karantina berbulan-bulan di rumah membuat tubuh semakin gemuk atau melar. Bagaimana tidak? Kita cenderung kurang gerak, akses di dalam rumah pun cukup dekat, ditambah setiap hari makan dengan menu yang menggoda.

Nah, sekarang sudah ada beberapa daerah yang memberlakukan new normal. Ada yang berpikir dengan bersepeda saat new normal, bisa dimanfaatkan untuk sarana berolahraga sekaligus sampai ke tempat tujuan dengan menguras keringat atau membakar kalori, sekaligus menjernihkan pikiran. Kita pun bisa pergi dengan lebih tenang karena bisa menjaga jarak satu sama lain.

Soal aman atau tidaknya bersepeda di masa ini, dr. Devia Irine Putri di situs klikdokter memberikan jawaban yang melegakan. Gimana? Ya, bersepeda saat new normal atau pandemi itu aman, asalkan kita tetap menerapkan protokol kesehatan misalnya, memakai masker, sebisa mungkin mengurangi kesempatan untuk berhenti di pinggir jalan, cobalah untuk membawa persediaan air minum dari rumah, dan kalau lapar, Anda bisa mengganjal perut dengan energy bar.


KENAPA BERSEPEDA?

Selain untuk transportasi, sepeda juga ideal sebagai salah satu pilihan sehat berolahraga. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa alasannya

Olahraga Low Impact

Bersepeda adalah salah satu jenis aktivitas olahraga low impact. Kenapa? Karena bersepeda memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menyebabkan cedera atau permasalahan pada otot dan sendi dibandingkan olahraga yang lainnya.

Menjaga Kesehatan Otot

Setiap orang yang mengayuh sepeda menggunakan hampir semua kelompok otot utama pada tubuh. Sehingga dengan melakukan olahraga bersepeda selain pernapasan Anda terlatih, otot-otot tubuh Anda juga akan turut terlatih.

Melatih Ketahanan dan Stamina

Bersepeda adalah salah satu aktivitas yang baik untuk melatih ketahanan dan stamina, sehingga memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bersepeda melatih kesehatan jantung, menunjang pernapasan yang efektif, serta membantu menjaga berat badan agar tetap stabil.

Olahraga Efisien dan Murah

Ingat bahwa sepeda adalah salah satu alat transportasi. Bersepeda tidak hanya merupakan aktivitas olahraga saja, namun juga membantu Anda bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cara yang efisien dan murah karena tidak membutuhkan bahan bakar. Jadi bersepeda akan hemat di kantong Anda.

Olahraga Mudah Dilakukan

Berbeda dengan beberapa jenis olahraga lain, bersepeda tidak membutuhkan keterampilan fisik yang kompleks. Sebagian besar orang mengetahui cara mengayuh sepeda sejak masih kecil.

 

TIPS AMAN BERSEPEDA SAAT NEW NORMAL

Lebih lengkap silakan Anda perhatikan hal-hal berikut ini sebelum merencanakan berkegiatan dengan memakai sepeda. Baik bersepeda untuk berolahraga ataupun menuju ke tempat kerja. Apa saja itu, berikut ini tips aman bersepeda saar new normal.

  1. Pastikan kondisi sepeda dalam keadaan baik dan Anda juga dalam kondisi sehat.
  2. Tetap gunakan masker dan sarung tangan, untuk berjaga-jaga jangan lupa membawa masker cadangan sebagai pengganti masker yang basah karena keringat.
  3. Gunakan pakaian yang aman dan nyaman, misalnya pakaian kerja jangan dipakai untuk bersepeda, simpan dulu pakaian kantor di dalam tas. Anda bisa ganti baju saat sudah sampai di tujuan. Perlu diingat pakaian yang dipakai untuk berangkat sebaiknya disemprot terlebih dulu dengan disinfektan, baru dimasukkan dalam kantong.
  4. Ketika ingin pulang, ganti lagi dengan pakaian yang lebih nyaman dan simpan pakaian kantor dan pakaian berangkat tadi di dalam kantong yang sama, sehingga ketika sampai rumah bisa langsung masukkan ke dalam mesin cuci atau ember cucian.
  5. Bila tujuan bersepeda bukan untuk kerja atau sekadar menguras keringat, tidak perlu ada baju ganti, cukup gunakan pakaian yang aman, misalnya pakaian lengan panjang. Sampai rumah, langsung bersih-bersih diri.
  6. Jangan lupa pakai helm sepeda dan kacamata supaya mata tidak terkena debu atau droplet dari orang-orang di sekitar.
  7. Pilih rute yang tidak terlalu ramai atau rute yang memang menyediakan jalur sepeda, karena bagi yang belum terbiasa, bersepeda di jalanan yang ramai dengan kendaraan bermotor bisa membuat Anda panik dan membahayakan keselamatan.
  8. Bila merasa lelah atau kepanasan, berhentilah sejenak di tempat yang rindang dan sejuk, serta hindari beristirahat di tempat yang ramai.
  9. Cuci tangan setelah naik sepeda dan semprotkan disinfektan ke sepeda Anda, serta jangan lupa langsung mandi atau membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan orang rumah.

 

MANFAAT BERSEPEDA

Bersepeda adalah aktivitas olahraga yang utamanya bersifat aerobik, karena jantung, pembuluh darah, dan paru-paru ikut berpartisipasi dalam aktivitas tersebut. Orang yang melakukannya akan bernapas lebih dalam, berkeringat, dan mengalami peningkatan suhu tubuh. Apa manfaat kesehatan bagi seseorang yang melakukan bersepeda? Ya, inilah manfaat bersepeda secara rutin.

  1. Peningkatan ketahanan jantung dan pembuluh darah.
  2. Peningkatan kekuatan otot dan fleksibilitas, serta mobilitas persendian.
  3. Peningkatan kekuatan tulang dan perbaikan postur.
  4. Penurunan kadar lemak tubuh.
  5. Penurunan risiko kecemasan dan depresi.
  6. Pencegahan dan pengelolaan penyakit.

Masihkah ragu untuk bersepeda saat new normal? Bersepeda saat new normal merupakan aktivitas yang aman bila Anda menerapkan tips-tips tadi. Selamat beraktivitas dan jangan lupa selalu jaga kesehatan! (*)

No comments:

Post a Comment