Breaking

Tuesday, July 4, 2023

KALENDER PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2023-2024

sasana widya guru


Kalender pendidikan merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

 

Kalender pendidikan ini digunakan untuk Satuan  Pendidikan  meliputi  Taman  Kanak-Kanak Luar  Biasa,  Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah  Atas,   Sekolah   Menengah  Atas   Luar  Biasa  dan  Sekolah Menengah Kejuruan.

 

Kalender pendidikan provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2023-2024 memuat beberapa ketentuan berikut ini:

  • Hari    efektif   adalah    hari    belajar   yang   digunakan    untuk   kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum.
  • Hari  efektif  fakultatif  adalah  hari  efektif  dan/atau   kegiatan  lain  yang menunjang pembelajaran.
  • Minggu efektif adalah waktu  belajar selama 5 (lima) atau 6 (enam)  hari kerja yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan tidak boleh kurang dari jumlah jam pelajaran per minggu, dengan jumlah minggu efektuf dalam satu tahun  sesuai dengan ketentuan kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan.
  • Libur semester adalah libur yang diadakan pada akhir setiap semester.
  • Libur umum adalah libur yang berkaitan dengan hari  Minggu.
  • Libur hari  besar adalah waktu  libur yang  diadakan  sehubungan  dengan peringatan keagamaan  atau  hari  peringatan  peristiwa  penting  lainnya sesuai dengan kalender nasional.
  • Libur khusus adalah libur yang diadakan karena kondisi/keadaan tertentu, yang akan ditetapkan kemudian oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi di Jawa Timur.
  • Permulaan tahun pelajaran dimulai pada hari  Senin tanggal  17 Juli 2023 dan akhir tahun pelajaran pada hari Sabtu tanggal  22 Juni 2024.

Berikut ini Kalender pendidikan provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2023-2024 yang bisa diunduh:


 

Semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment