Breaking

Friday, April 28, 2023

DIKLAT IGI SAMISANOV 69 - MEMBUAT PUBLIKASI ILMIAH UNTUK KREATIVITAS GURU

sasana widya guru


Guru sebagai tenaga pendidik profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pangetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Sebagai tenaga profesional hendaknya seorang guru berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga pelayanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang berkualitas.

 

Tugas utama seorang guru adalah mendidik dan mengajar. Sebagai pendidik seorang guru berperan dan berfungsi sebagai motivator dan pengaruh bagi peserta didik. Sebagai pengajar guru dituntut untuk menciptakan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pembelajaran secara optimal, maka seorang guru harus kreatif dan optimis dalarn menjalankan tugasnya sebagai pendidik.

 

Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalarn proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan  meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa.

 

Untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting serta guru diharapkan memiliki 4 (empat) Kompetensi mengajar yang berkualitas dan mampu mengimplementasikan dalam pembelajaran.

 

Guru memegang peran strategis terutama  dalam upaya membentuk pola pikir siswa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan dari dimensi tersebut, peran guru sulit digantikan oleh yang lain. Dipandang dari dimensi teknologi peran guru sangat dominan sekalipun teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran berkembang sangat cepat. Hal ini diharapkan ada dimensi-dimensi proses pendidikan, atau lebih khusus lagi proses pembelajaran, yang diperankan oleh guru yang tidak dapat digantikan oleh teknologi

 

Banyak hal yang dapat ditempuh untuk mencapai hal tersebut, salah satunya adalah melalui pendidikan dan latihan guru, latihan kegiatan tersebut akan menjadi salah satu wahana bagi Guru untuk mencari, mengapresiasikan dan mengimplementasi berbagai kompetensi pedagogik yang dapat mengimbangi keberhasilan tugasnya.

 

Pendidik profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan keterampilan yang telah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaknya mengernbangkan pengetahuan dan keterampilannya sebingga dapat memberikan pelayanan yang baik. Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri dari kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya.

 

Di samping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya. Adapun kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang diikuti berupa Diklat Online Membuat Publikasi Ilmiah Untuk Kreativitas Guru. Adapun materi tersebut terdiri atas:

 

  • Pentingnya guru dalam membuat karya literasi
  • Mengenal karya literasi yang bisa dibuat guru, seperti artikel, puisi, dan cerpen
  • Membuat puisi sebagai karya literasi
  • Tips dan dasar dalam menulis artikel inovasi guru
  • Cara membuat cerpen sebagai karya literasi
  • Memberi sentuhan dan finishing dalam membuat karya literasi
  • Mengedit tampilan karya literasi agar layak diterbitkan dalam buku
  • Tips dan trik menerbitkan buku antologi dan buku mandiri
  • Tips mengetik cepat dengan cara merubah suara menjadi tulisan
  • Penugasan membuat salah satu (cerpen, puisi, artikel) sebagai karya literasi guru yang layak untuk diterbitkan dalam buku


Berikut video pemaparan materi pada diklat ini:


 

Beberapa referensi yang berkaitan dengan diklat ini antara lain:

 

>>> Modul Diklat Samisanov 69

>>> Laporan Pengembangan Diri

>>> Buku Karya Jilid 1

>>> Buku Karya Jilid 2

 

Semoga bermanfaat dan terima kasih! (*)

No comments:

Post a Comment