Breaking

Thursday, August 11, 2022

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2022

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH PROV JAWA TIMUR TAHUN 2022


Bahasa daerah (bahasa Jawa dan bahasa Madura) merupakan identitas masyarakat yang perlu dilestarikan salah satunya melalui pendidikan. Khasanah budaya lokal dan nilai-nilai luhur di dalamnya diharapkan mampu memperkuat jati diri generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang adaptif, kreatif dan inovatif dalam menyikapi berbagai tantangan global yang semakin dinamis.

 

Bahasa daerah memiliki cakupan pada bidang bahasa, sastra, seni, dan budaya. Eksplorasi kearifan lokal diperlukan untuk membekali peserta didik dalam memperkaya pengetahuan, keterampilan, dan membentuk sikap positif yang selaras dengan pranata yang ada.

 

Kurikulum merdeka belajar memberikan kesempatan dan kemerdekaan belajar bagi peserta didik, guru, dan penyelenggara pendidikan dalam mengkreasi pembelajaran secara mandiri, penuh inovasi, dan sinergi serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan pendidikan.

 

Capaian pembelajaran bahasa daerah merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik sesuai dengan perkembangan dengan menyesuaikan potensi dan keragaman daerah serta kebutuhan pada setiap jenjang pendidikan. Penyusunan capaian pembelajaran bahasa daerah merupakan salah satu upaya pemertahanan budaya lokal melalui pendidikan.

 

Berikut ini capaian pembelajaran Bahasa Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2022:


 

Selamat membaca dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment