Breaking

Thursday, May 19, 2022

ENSIKLOPEDI ISLAM NUSANTARA: EDISI BUDAYA

ENSIKLOPEDI ISLAM NUSANTARA


Penerbitan buku Ensiklopedi Islam Nusantara Edisi Budaya ini menjadi tolok ukur sekaligus pengakuan bahwa Islam di Nusantara memunyai sejarah panjang di Indonesia. Islam di Nusantara dipandang memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengelolaan bangsa Indonesia yang majemuk ini.


Perlu ditegaskan bahwa Islam Nusantara merupakan sebuah identitas nilai-nilai Islam yang diimplementasikan di bumi Nusantara yang telah lama dipraktekkan oleh para pendahulu kita. Salah satu ciri Islam di Nusantara adalah kesantunan dalam menyebarkan ajaran agama. Islam disebarkan oleh para ulama yang sebagiannya
diinformasikan dalam buku ini.

 

Buku ini menginformasikan bagaimana penafsiran ajaran Islam yang menekankan pada prinsip-prinsip ajaran moderat (wasatiyah), inklusif, toleran, tidak mengklaim hanya agama sendiri yang benar, bersatu dalam keragaman (Bhineka Tunggal Ika) berdasarkan pada UUD 1945 dan ideologi Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah berhasil mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia yang sangat majemuk.

 

Berikut ini dokumen elektronik yang bisa dibaca:


 

Selamat membaca dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment