Breaking

Saturday, August 1, 2020

LOGO HUT KE-75 KEMERDEKAAN RI BERTEMA INDONESIA MAJU

Logo HUT Ke- 75 RI

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia telah meluncurkan tema dan logo peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2020. Tema dan logo HUT ke-75 RI sebenarnya sudah diluncurkan sejak Rabu, 15 Januari 2020.

Tema yang diangkat pada HUT ke-75 RI adalah Indonesia Maju, seperti yang dicita-citakan periode kedua Presiden Joko Widodo. Pembuatan logo dan tema HUT ke-75 RI itu memiliki relevansi dengan tujuan pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.


logo HUT ke-75 RI | website Kementerian Sekretariat Negara (setneg.go.id)


BENTUK DAN MAKNA

Logo HUT ke-75 RI terinspirasi oleh simbol perisai pada lambang Garuda Pancasila. Logo tersebut menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Lebih detail, logo HUT ke-75 RI tersebut berbentuk menyerupai perisai lambang Garuda Pancasila dengan tulisan "Indonesia Maju" di bawahnya. Logo Kemerdekaan ke-75 RI tahun 2020 tersebut melambangkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia. Selain itu juga mengisyaratkan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

 

Makna Angka Tujuh

Makna angka tujuh adalah melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua individu. Pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia diintegrasikan ke dalam angka tujuh tersebut.

Progres kerja yang bersifat dinamis dan kepentingan progres infrastruktur dilambangkan secara sederhana dalam elemen badan angka tujuh. Meskipun tidak bergaris lurus pada kaki angka tujuh, namun progres kerja yang dinamis diklaim akan mencapai hasil akhir yang maksimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku.

 

Makna Angka Lima

Angka lima memiliki makna regenerasi. Semboyan ''Kerja, kerja, kerja'' yang telah digaungkan secara konsisten, diharapkan dapat memberikan hasil yang nyata dalam bekerja. Regenerasi direpresentasikan dalam elemen badan angka lima yang menyerupai lingkaran yang hampir penuh. Tiga perempat lingkaran tersebut melambangkan progres yang terus menerus dilakukan dan terlihat nyata, yaitu selalu memperbaiki kinerja dan selalu mengejar target.

 

Perisai

Komposisi antara angka tujuh dan lima yang dilatari dengan perisai tersebut juga melambangkan kesatuan Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa, memperkokoh kedaulatan, memperkokoh persatuan dan kesatuan. Simbol perisai sebenarnya diambil atau terinspirasi dari lambang Garuda Pancasila.


TIPOGRAFI

Jenis font yang digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding 75 tahun Indonesia adalah Monsterra Typeface Primer.


Komposisi warna CMYK dan RGB | 99design.com

WARNA LOGO

Warna latar belakang yang dapat digunakan adalah merah, putih, dan hitam. Dengan kode sebagai berikut:

Merah

  • C: 4%, M: 97%, Y: 93%, K: 0%
  • R: 228, G: 44, B: 45
  • # E42C2D

Putih

  • C: 0%, M: 0%, Y: 0%, K: 0%
  • R: 255, G: 255, B: 255
  • # FFFFFF

Hitam

  • C: 0%, M: 0%, Y: 0%, K: 100%
  • R: 35, G: 31, B: 32
  • #231F20

 

LINK PENGUNDUHAN

Adapun soft copy tema dan logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 beserta pedomannya dapat diunduh melalui tautan berikut:

Dirgahayu Republik Indonesia, salam Indonesia Maju! (*)

No comments:

Post a Comment