Breaking

Saturday, July 4, 2020

MENGENAL KEUNIKAN KERIS

Mengenal Keris

Masyarakat Jawa terkenal dalam berbagai hal seni dan budaya. Mari lestarikan seni dan budaya Jawa sesuai dengan kadar pemahaman dan keterampilan yang kita punyai. Budaya Jawa bisa bersifat bendawi maupun nonbendawi. Kali ini mari kita bahas mengenai keris.

Sebelum membahas seluk beluk keris, mari kita sampaikan beberapa pertanyaan mengenai keris. Misalnya bagaimana pendapat kalian mengenai keris? Selanjutnya apakah kegunaan keris saat ini? Apakah keris hanya untuk klenik atau ritual? Silakan memikirkan itu semua dan mencoba untuk mencari penggambaran yang bijak tentang keris. Pastinya keris adalah warisan budaya khususnya di Jawa yang bersifat bendawi.

Kini masih rendah apresiasi mengenai keris, terutama kalangan anak muda. Hal itu sangat dimungkinkan terjadi disebabkan oleh pelepasan posisi relasional antara keris sebagai warisan budaya bangsa dan generasi muda selaku ahli waris yang memiliki tanggung jawab kultural untuk melestarikan dan mengembangkannya kurang berjalan secara maksimal.

Seharusnya para generasi muda bertugas memikul beban kewajiban kultural untuk melestarikan dan mengembangkan keris. Sama halnya dengan seni dan budaya yang lainnya, kelihatannya para generasi udah lebih suka mendalami seni dan budaya manca sebagai hal baru untuk dipelajari. Lalu bagaimana seharusnya tanggung jawab itu diembannya? Mari kita saling bahu-membahu untuk menyamakan persepsi dan belajar bersama mengenai keris.

Hal semacam itu tidak terjadi pada keris sebagai salah satu kategori warisan budaya tradisional, karena keris memiliki keragaman dimensi di antaranya material, spiritual, natural dan supranatural, fungsional di berbagai sektor seperti sosial, politik, kenegaraan (patriotik dan heroik), serta personal dan komunal. Semua dimensi itu bisa saling terkait dan mendukung fungsi keris di masyarakat, khususnya Jawa.

Belajar mengenai keris tentunya lebih baik mengamati secara langsung, namun tidak semua orang termasuk generasi muda mendapatkan kesempatan itu. Maka marilah kita melihat beberapa aspek berikut ini untuk mengenal keris.

 

BAGIAN-BAGIAN ATAU RICIKAN KERIS

Keris memiliki bagian-bagian yang artistik atau bernilai seni yang tinggi dan patut diapresiasi. Bagian-bagian keris disebut ricikan. Seperti ini bentuk ricikan keris pada umumnya.


Bagian Keris


BENTUK ATAU DHAPUR KERIS

Pembagian bentuk atau dhapur keris ini dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

Keris Tanpa Luk

Panjisekar, Panjisinom, Karnatinandhing, Semar Petak, Kebolajer, Sempana Bener, Kalamisani, Pasopati. Worawati, Tilamupih, Jalak Dinding, Jalak Ngore, Mendarang, Semartinandu, Yuyurumpung, Bethok, Brojol, Sumelang Gandring, Mangkurat, Cingkrong, Sepang, Singa, Cundrik, Urubing-dilah, Tilamsari, Larngatap, dan Putut.

Keris Luk Telu

Mahesa Soka, Jangkung, Campur-bawur, Bangodholog, Mangkurat, Tebu Sauyun, dan Segara Winotan.

Keris Luk Lima

Pulanggeni, Pudak Sategal, Pandhawa, Anoman. Mahesa Dhengen. Pandawa Carita, Urap-urap, Naga-sarira, Bakung, Lara-siduwa, dan Kala-nadhah.

Keris Luk Pitu

Balebang, Carubuk, Jaran-guyang, Naga-keras, dan Sempana-Bungkem.

Keris Luk Sanga

Kidang-mas, Sempana Luk, Carita, Panji Sekar, Paniwen, Panimbal, Kidang-soka, Jaruman, Carang-soka, Sabuk-tampar, Sempana-kalentang, dan Denawa-ijem.

Keris Luk Suwelas

Carita-bungkem, Sabuk-tangsul, Balebang, Sempana-luk, Santan, Jakawuru, dan Carita-gandhu. 

Keris Luk Telulas

Caluring, Sangtkelat, Nagasasra, Parungsari, Kantar, Naga Siluman, Bima Kurda, Sepokal, Mangkunegar, Sabuk-inten, Paniwen, Carita, Kara-welang, Logandu, dan Buto-ijo. 

Keris Luk Limalas

Carang-buntala, Raga-wilah, Mahesa-nyebrang, dan Sedhet.

Keris Luk Pitulas

Pitulas

Keris Luk Sangalas

Trimurda, Karacan, dan Bima-kurdha.

Keris Luk Selikur

Kalatinandhing, Derajit, dan Tri-sirah.

Keris Luk Telulikur, Slawe, Pitulikut, dan Sangalikur

Slawe, Pitulikur, dan Sangalikur


RAGAM HIAS ATAU PAMOR KERIS

Keris berhias dengan berbagai motif. Ibarat kain, motif itu seperti batik yang penuh dengan makna dan pesan yang ingin disampaikan. Ragam hias keris disebut dengan pamor. Berikut ini contoh sebagian kecil pamor keris.


Ragam Hias Keris


Pemahaman berbagai informasi tentang keris perlu disampaikan kepada masyaraat, khususnya generasi muda. Hal ini bisa diartikan sebagai bentuk pesan yang terkandung dalam hal tanggung jawab kultural. Semoga keris sebagai budaya Jawa yang bersifat bendawi bisa terus lestari. (*)

No comments:

Post a Comment