Breaking

Sunday, June 14, 2020

SUKSESKAN PROGRAM GURU PENGGERAK DAN TIM PENDUKUNG KEMENDIKBUD

Program Kemendikbud

Program baru dipersiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu program Guru Penggerak. Kemendikbud juga membuka kesempatan bagi widyaiswara, kepala sekolah, dan guru, maupun praktisi pendidikan untuk menjadi fasilitator dan pendamping calon Guru Penggerak.

Program Guru Penggerak diharapkan bisa menjadi terobosan dan penyelesaian dari hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan peringkat hasil PISA rendah di dunia. Kemendikbud memutuskan untuk melakukan fokus pada peningkatan hasil belajar murid, dan tidak terlepas dari upaya peningkatan kompetensi guru, salah satunya melalui program ini.

Guru Penggerak dan tim pendukungnya diharapkan mampu mencetak SDM unggul yang berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, misalnya bergotong royong dengan semua pemangku kepentingan untuk mencetak SDM unggul adalah kunci transformasi pendidikan untuk mencapai visi Indonesia 2045.


GURU PENGGERAK

Program Guru Penggerak dirancang dengan menitikberatkan pada kualitas pelatihan dan pendampingan. Tujuannya agar peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid.

Guru Penggerak Depdikbud

TIM PENDUKUNG GURU PENGGERAK

Kemendikbud tidak hanya membuka kesempatan bagi Guru Penggerak, namun juga fasilitator dan pendamping Guru Penggerak. Pada tahun ini Kemendikbud akan merekrut 280 fasilitator dan 560 pendamping.


Tim Pendukung Kemendikbud


JADWAL REKRUTMEN GURU PENGGERAK, FASILITATOR, DAN PENDAMPING

  1. Rekrutmen Guru Penggerak dibuka mulai Sabtu, 13 Juni 2020.
  2. Rekrutmen fasilitator dibuka mulai Senin, 15 Juni sampai Rabu 24 Juni 2020,
  3. Rekrutmen pendamping dibuka mulai Senin, 15 Juni sampai Jumat, 26 Juni 2020.

Informasi kriteria, proses rekrutmen, dan pendaftaran dapat diikuti pada laman

https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Demikian informasi mengenai Guru Penggerak Kemendikbud, semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment