Breaking

Sunday, June 21, 2020

MENGENAL MODEL DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE

Model Desain Pembelajaran ASSURE

Model ASSURE merupakan desain pembelajaran yang sederhana yang dapat digunakan untuk menciptakan sebuah pembelajaran sukses, efektif, efisien, dan menarik. Model pembelajaran ini bersifat praktis dan mudah untuk digunakan. Selain itu model ASSURE sesuai untuk digunakan dalam aktivitas pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas maupun program pelatihan.

Model desain pembelajaran ini merupakan singkatan dari komponen atau langkah penting yang terdapat di dalamnya, yaitu, menganalisis karakteristik siswa (Analyzer learner characteristic); menetapkan tujuan pembelajaran (State performance objectives); memilih metode, media dan materi pelajaran (Select methods, media, and materials); menggunakan teknologi, media, dan materi (Utilize materials); mengaktifkan keterlibatan siswa (Requires learner participation); serta evaluasi dan revisi (Evaluation and revision).

Model pembelajaran ini lebih berorientasi kepada pemanfaatan media dan teknologi dalam menciptakan proses dan aktivitas pembelajaran yang diinginkan. Pemanfaatan model desain pembelajaran ASSURE perlu dilakukan tahap demi tahap (sistematik) dan menyeluruh (holistik) agar dapat memberikan hasil yang optimal yaitu terciptanya pembelajaran sukses.

Model pembelajaran ASSURE adalah model yang paling sederhana untuk pembelajaran. Model yang didasarkan pada pemanfaatan teknologi dan media, serta dikembangkan melalui pemilihan dan pemanfaatan metode, bahan ajar dan peran siswa dalam proses pembelajaran. Menurut Benny A, model pembelajaran ASSURE memiliki beberapa metode yang dapat kita gunakan.

 

BELAJAR KOOPERATIF

Metode kooperatif melibatkan kelompok kecil, siswa bertanggung jawab atas tugasnya dalam kelompok, akan terjalinnya interaksi dari kelompok satu dengan kelompok lainnya, dalam metode ini menerapkan proses komunikasi dan berfikir kritis dalam memecahkan masalah.

 

PENEMUAN

Metode penemuan memungkinkan siswa untuk membangun pengetahuan, sehingga siswa dapat memiliki pemahaman yang mendalam melalui keterlibatan secara aktif dalam proses pembelajaran.

 

PEMECAHAN MASALAH

Metode yang digunakan untuk melatih siswa dalam memecahkan masalah, dalam metode ini siswa harus paham tentang apa yang akan dipelajari, langkah dalam metode ini sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi masalah dan komponen–komponennya.
  2. Menuliskan hipotesis.
  3. Mengumpulkan dan menganalisis data.
  4. Merumuskan solusi dan konklusi
  5. Menguji solusi.
  6. Menarik kesimpulan.

 

DISKUSI

Metode yang bersifat dinamis. Metode ini dapat mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, serta melatih siswa untuk dapat berpendapat, musyawarah, berbagai informasi, menghargai pendapat orang lain.

 

LATIHAN BERULANG

Metode ini berisi serangkaian latihan dan praktik yang sengaja dirancang untuk membangun kecakapan dalam sebuah keterampilan baru yang perlu dipelajari oleh siswa.

 

TUTORIAL

Di dalam metode ini terdapat beberapa aktivitas, yaitu menyajikan materi, mengajukan pertanyaan, menganalisis jawaban siswa, memberikan umpan balik, memberikan latihan, meminta siswa untuk melakukan unjuk kemampuan. Metode ini dapat disampaikan melalui orang, komputer atau bahan ajar.

 

DEMONSTRASI

Metode yang dilakukan dengan cara memperlihatkan dan menunjukkan kepada siswa tentang suatu objek.

 

PRESENTASI

Metode komunikasi satu arah. Metode ini dilakukan untuk kelompok besar, penyampaiannya menggunakan media sebagai alat bantu.

 

PERMAINAN

Metode yang memanfaatkan pendekatan motivasi, di dalamnya terdapat unsur persaingan dan tantangan.

 

SIMULASI

Metode yang mengharuskan guru membawa siswa ke dalam kondisi yang menyerupai situasi yang sebenarnya.

Model pembelajaran ASSURE didukung dengan beberapa teori belajar. Teori–teori tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, sesuai dengan komponen mendesain pembelajaran model ASSURE.

Apakah Anda sudah memiliki gambaran mengenai model pembelajaran ASSURE? Tentunya sudah ketika membaca ulasan tersebut. Selanjutnya mari kita coba di kelas yang kita ajar. Selamat mengajar! (*)

2 comments: