Breaking

Thursday, June 30, 2022

MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN KURIKULUM MERDEKA

PEMBELAJARAN DAN ASESMEN KURIKULUM MERDEKA


Sebaiknya peserta didik yang menjadi fokus dalam proses pembelajaran. Usaha untuk memahami peserta didik dan menjadikan mereka pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik. Pendidik berperan memfasilitasi proses mencapai tujuan tersebut.

 

Penting bagi pendidik untuk memiliki kemampuan merancang pembelajaran, agar mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

 

Ketika peserta didik menjadi seorang pelajar yang merdeka, interaksi pendidik dan peserta didik akan berubah. Peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, memunyai suara dan kepemilikan pada proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik baik kepada diri sendiri, peserta didik lain serta kepada pendidik.

 

Proses merancang pembelajaran merupakan proses penting yang berdampak pada keberhasilan pembelajaran, oleh sebab itu berikut ini buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka yang bisa kita perlajari bersama.


 

Selamat membaca dan semoga bermanfaat! (*)

No comments:

Post a Comment