Breaking

Friday, May 6, 2022

WAHANA REKREASI KEBUN BINATANG SURABAYA

ebun Binatang Surabaya

Hingga saat ini Kebun Binatang Surabaya atau disingkat KBS tetap menjadi wahana rekreasi yang menarik dan diminati oleh warga Surabaya dan sekitarnya. Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu kebun binatang yang terletak di kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. KBS merupakan salah satu kebun binatang yang terlengkap se-Asia Tenggara yang memiliki koleksi 981 spesies satwa atau 2.806 binatang. Semua satwa itu terdiri atas mamalia, burung, reptilia, dan ikan.

 

SEJARAH

Kebun Binatang Surabaya pertama kali didirikan berdasarkan SK Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tanggal 31 Agustus 1916 Nomor 40, dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin atau Kebun Botani dan Binatang Surabaya. Semua itu dilatarbelakangi oleh hobi seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang suka mengumpulkan binatang.

 

Kali pertama Kebun Binatang Surabaya berlokasi di Kaliondo, pada tahun 1916, kemudian pada tanggal 28 September 1917 pindah di Jalan Groedo. Pada tahun 1920 pindah ke daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru atas jasa Oost-Java Stoomtram Maatschapij atau Maskapai Kereta Api yang mengusahakan lokasi seluas 30.500 m2. Pada bulan April 1918, Kebun Binatang Surabaya dibuka untuk umum dengan membayar tanda masuk atau karcis.


Wahana Jerapah KBS

 

Pada tanggal 11 Mei 1923, rapat anggota di Simpang Restaurant memutuskan untuk mendirikan Perkumpulan Kebun Binatang yang baru, dan ditunjuk W.A. Hompes untuk menggantikan J.P. Mooyman, salah seorang pendiri Kebun Binatang Surabaya dan mengurus segala aktivitas kebun sebagai pimpinan.

 

Bantuan yang besar pada tahun 1927 adalah dari Wali kota Dijkerman dan anggota dewan A. van Gennep dapat membujuk Dewan Kota (Gemeenteraad) Surabaya untuk meraih perhatian terhadap Kebun Binatang Surabaya, dengan SK Dewan Kota (Gemeenteraad) tanggal 3 Juli 1927 dibelilah tanah yang seluas 32.000 m2 sumbangan dari Maskapai Kereta Api (OJS). Tahun 1939 sampai sekarang luas KBS meningkat menjadi 15 hektare dan pada tahun 1940 selesailah pembuatan taman yang luasnya 85.000 m2.

 

Dalam perkembangannya Kebun Binatang Surabaya telah berubah fungsinya dari tahun ke tahun. Kebun Binatang Surabaya yang dahulu hanya sekadar untuk tempat penampungan satwa eksotis koleksi pribadi telah dikembangkan fungsinya menjadi sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Binatang-binatang yang menjadi koleksi Kebun Binatang Surabaya dari tahun ke tahun jumlah dan jenisnya terus bertambah.

 

FASILITAS

Demi menunjang kenyamanan para wisatawan yang berkunjung, Kebun Binatang Surabaya dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung. Bagi wisatawan anak-anak disediakan arena bermain anak, ada beberapa pedagang yang menjajakan mainan dengan ciri kebun binatang ini. Kebun Binatang Surabaya juga telah menyediakan arena rekreasi lain bagi anak-anak, yaitu bermain flying fox, wisata perahu, outbound, berenang di kolam renang, bungee trampoline, naik bom-bom car, atau sekadar berfoto-foto di taman selfie.


Wahana Berfoto KBS 


Para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menunggang binatang seperti gajah, kuda, atau pun unta. Pada jadwal-jadwal tertentu, wisatawan dapat menyaksikan pemberian makanan (feeding time) untuk binatang-binatang tertentu. Ada juga pertunjukan atraksi dan pentas dari beberapa hewan di waktu-waktu tertentu.

 

Pengelola Kebun Binatang Surabaya telah membangun jalur jogging (jogging track) mengelilingi area Kebun Binatang Surabaya bagi para pengunjung yang hobi olahraga. Fasilitas lainnya adalah perpustakaan yang dapat menambah pengetahuan, jembatan pantau, serta stand foto untuk kenang-kenangan. Agenda ke depan, Kebun Binatang Surabaya direncanakan akan dilengkapi dengan plaza dan central park, serta terhubung dengan depo trem di sisi selatan.

 

Pada saat libur panjang Lebaran 2022 atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kali ini Kebun Binatang Surabaya membuka dua wahana baru yakni The Adventure Aquanoctudio Park of Zoorabaya dan Story Animal StudioThe Adventure Aquanoctudio Park of Zoorabaya merupakan pengembangan dari wahana aquarium dan Story Animal Studio yang memutarkan beberapa film edukasi tentang satwa.


KEBUN BINATANG SURABAYA
Wahana Berfoto KBS

 

KATEGORI HARGA TIKET

  • Pengunjung umum  = Rp15.000 per orang
  • Anak-anak tinggi badan di bawah 85 cm = gratis
  • Paket edukasi = mulai dari Rp20.000
  • Foto = Rp15.000
  • Memberi makan jerapah dan hewan = Rp10.000
  • Parkir motor = Rp5.000

 

Kebun Binatang Surabaya beroperasi setiap hari. Pada hari-hari kerja atau weekday, tempat ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sedangkan, pada akhir pekan atau weekend, kebun binatang ini buka mulai pukul 07.30 WIB sampai 16.30 WIB. Selamat berlibur, jangan lupa bahagia! (*)

No comments:

Post a Comment