Breaking

Wednesday, June 3, 2020

MENULIS BLOG GURU

Guru Menulis Blog

Profesi guru terdiri atas orang-orang yang berpengaruh dalam pendidikan suatu bangsa. Menjadi seorang guru memang sepantasnya juga menjadi profesional, karena mereka memiliki tanggung jawab pada bidang keahliannya. Menulis sebagai bukti keberadaan mereka yang begitu berpengaruh dan penting di masyarakat. Guru yang bisa menulis adalah suatu bentuk profesionalitas. Seorang guru sebaiknya memiliki kemampuan sebagai tenaga pendidik sekaligus orang yang profesional. Budaya guru menulis berperan besar dalam menciptakan lingkungan pengetahuan yang profesional. Menulis adalah tantangan bagi setiap guru masa kini. Guru adalah pusat dari pengetahuan itu ketika para siswa sedang dalam dunia belajar.

 

KETERAMPILAN MENULIS

Guru menulis? Berarti dia telah berusaha membuat hal yang bersifat abstrak menjadi gagasan yang lebih nyata, sehingga mudah untuk dicerna. Aktivitas menulis adalah suatu usaha untuk merangkai ide dengan lebih baik, terstruktur, dan menciptakan fungsi retorika dalam bentuk bahasa tulis. Ringkasnya, tulisan itu terbentuk logis dan memberikan suatu efek. Bagi guru bahasa, mereka dihadapkan pada usaha untuk memantapkan kompetensi tata bahasa, memahami makna, dan sikap berbahasa. Tidak hanya guru bahasa, manfaat menulis itu besar sekali.

Dalam merencanakan kegiatan belajar, guru mengembangkan ide-idenya dari tulisan yang dibuatnya dari materi ajar. Pada proses belajar di kelas, tulisan guru itu membantu meningkatkan indera siswa dalam memahami pelajaran, tidak hanya gambar. Oleh karena itu, tulisannya harus dibuat semudah mungkin. Pada pembelajaran bahasa sering kita temukan keberadaan gambar dibarengi dengan tulisan. Siswa-siswi yang sedang belajar bahasa akan lebih percaya karena gurunya mampu menampilkan keterampilan bahasanya.

Sekarang sudah eranya multimedia. Kita, sebagai pengajar, bisa memanfaatkan media ini. Ibu saya adalah seorang guru. Beliau menggunakan blognya untuk mengekspresikan ide-idenya.

 

WORKSHOP ONLINE SAGUSABLOG IGI

Workshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia cukup menarik perhatian para anggota IGI (Ikatan Guru Indonesia) yang selama ini belum membuat blog guru atau pendidikan. Workshop ini menjadi pengalaman tersendiri bagi saya, dengan adanya Workshop saya bisa membuat Blog Guru, belum pernah ada pelatihan Blog dengan Tutorial sangat Lengkap berupa PDF dan video, ini sangat membantu kami untuk mempelajarinya.

Workshop online SAGUSABLOG ini dilaksanakan khusus untuk anda anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI), seperti yang ditulis oleh Amin Mungamar (Mr. Mung) di mr.mung.web.id bahwa syarat untuk mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG sangat mudah:

  1. Instal aplikasi Telegram di smartphone, laptop, atau tablet.
  2. Tunjukkan nomor KTA IGI (Ikatan Guru Indonesia).
  3. Ikuti workshop online dengan hati senang dan bahagia sampai TUNTAS.

Mari kita mengembangkan keterampilan menulis blog. Selamat belajar semoga berhasil! 

Berikut ini video tutorial cara daftar menjadi anggota IGI:


No comments:

Post a Comment